OpenGL
and DirectX
OpenGL
pertama kali dikeluarkan oleh Silicon Graphics Inc. (SGI) pada tahun 1994,
OpenGL menjadi grafik API 3D yang terbaik untuk saat itu. Bersamaan dengan itu
perusahaan Microsoft mengeluarkan grafik API 3D yang lain yang ingin menyaingi
OpenGL yaitu Direct3D. pada Tahun ini
Microsoft belum berhasil dalam menyaingi OpenGL karena para developer game
masih banyak menggunakan OpenGL. Dengan keluarnya
DirectX (produk Microsoft) yang menggantikan Direct3D dan dengan keluarnya
DirectX 5 maka akhirnya Microsoft dapat menyaingi OpenGL.
Tahun
2001 adalah titik balik dari Microsoft dengan DirectX 8, merubah pemikiran para
developer game untuk menggunakan DirectX 8 dan berpikir bahwa DirectX 8
merupakan masa depan untuk gamers. DirectX 8 ini dapat digunakan pada “simple
PC” berbedan dengan SGI dengan OpenGLnya yang harus menggunakan “high-end PC”. Microsoft
dengan DirectXnya tidak hanya sampai disitu Microsoft meneluarkan update-update
terbaru yaitu DirectX 9, DirectX 10 dan DirectX 11, berbeda dengan OpenGL yang
kelihatan semakin terpuruk pada tahun 2005. Namun pada masa memasuki 21th century OpenGL
mulai bangkit kembali dan digunakan untuk C++ menggunakan shader language yang
disebut dengan GLSL(GL Shader Language). Akhirnya OpenGL berkembang terus
hingga update menjadi OpenGL 3.0.
Dibawah ini adalah table mengenai Features yang ada
pada OpenGL dan DirectX
Feature:
|
OpenGL
|
DirectX
|
Vertex Blending
|
N/A
|
Yes
|
Multiple Operating Systems
|
Yes
|
No
|
Extension Mechanism
|
Yes
|
Yes
|
Development
|
Multiple member Board
|
Microsoft
|
Thorough Specification
|
Yes
|
No
|
Two-sided lighting
|
Yes
|
No
|
Volume Textures
|
Yes
|
No
|
Hardware independent Z-buffers
|
Yes
|
No
|
Accumulation buffers
|
Yes
|
No
|
Full-screen Antialiasing
|
Yes
|
Yes
|
Motion Blur
|
Yes
|
Yes
|
Depth of field
|
Yes
|
Yes
|
Stereo Rendering
|
Yes
|
No
|
Point-size/line-width attributes
|
Yes
|
No
|
Picking
|
Yes
|
No
|
Parametric curves and surfaces
|
Yes
|
No
|
Cache geometry
|
Display Lists
|
Vertex Buffers
|
System emulation
|
Hardware not present
|
Let app determine
|
Interface
|
Procedure calls
|
COM
|
Updates
|
Yearly
|
Yearly
|
Source Code
|
Sample
|
SDK Implementation
|
Sumber:
No comments:
Post a Comment