Cara membuat koneksi php ke oracle

Salam bagi para pembaca yang sering membaca artikel di blog saya ini,, maaf bagi para pembaca yang mungkin sedang menuggu postingan selanjutnya.. maklum saya sekarang sedang sibuk,, namun kali ini saya mencoba melowongkan sedikit waktu untuk coba membahas pada postingan saya kali ini adalah mengenai "Membuat Koneksi PHP ke ORACLE" yang khususnya pada XAMPP..

 langsung saja pada intinya....
1. buka "php.ini" pada directory "C:\xampp\php" (jika anda menginstall xampp tanpa mengatur folder destination)
2. cari di dalam "php.ini" kode2 dibawah ini cara mudahnya adalah dengan ctrl + f lalu masukan oci8

 extension=php_bz2.dll
;extension=php_curl.dll
;extension=php_dba.dll
extension=php_mbstring.dll
extension=php_exif.dll
;extension=php_fileinfo.dll
extension=php_gd2.dll
extension=php_gettext.dll
;extension=php_gmp.dll
extension=php_imap.dll
;extension=php_interbase.dll
;extension=php_ldap.dll
;extension=php_mssql.dll
;extension=php_mysql_mysqlnd.dll
extension=php_mysql.dll
;extension=php_mysqli_mysqlnd.dll
extension=php_mysqli.dll
extension=php_oci8.dll
;extension=php_pdo_firebird.dll
;extension=php_pdo_mssql.dll
;extension=php_pdo_mysql_mysqlnd.dll
extension=php_pdo_mysql.dll
extension=php_pdo_odbc.dll
;extension=php_pdo_pgsql.dll
extension=php_pdo_sqlite.dll
;extension=php_pdo_sqlite_external.dll
;extension=php_pgsql.dll
;extension=php_pspell.dll
;extension=php_shmop.dll
;extension=php_snmp.dll
extension=php_soap.dll
extension=php_sockets.dll
extension=php_sqlite.dll
extension=php_sqlite3.dll
;extension=php_sybase_ct.dll
;extension=php_tidy.dll
extension=php_xmlrpc.dll

setelah ketemu yang berwarna merah diatas pada defaultnya tanda ";" itu tidak dihilangkan,, namun kita harus menghilangkan tanda ";" pada extension=php_oci8.dll

3. Setelah itu save file tersebut dan restart laptop anda,,
4. Setelah menyala kembali coba ketikan koding ini pada notepad atau notepad++

    $user = 'nama database oracle anda';
    $pass = 'password database oracle anda';
    $dbase = 'localhost/XE';
    $conn = oci_connect($user, $pass, $dbase);

  <php
    if($conn)
   {
         echo "Koneksi sukses.";
   }
   else
   {
         echo "Koneksi gagal.";
   }
?>

"lalu simpan file tersebut di "C:\xampp\htdocs" dengan nama "koneksi.php",, sebenarnya namanya terserah anda,, namun saya hanya menyarankan... baiklah sesudah anda menyimpanya sekarang tinggal mencobanya di web browser anda..
5. Buka applikasi web browser anda lalu ketikan "localhost/koneksi.php" apabila koneksi anda ternyata berhasil maka akan muncul pada web browser anda tulisan "Koneksi sukses" dan sebaliknya apabila belum berhasil...

sekianlah tips n trick saya pada kali ini,, selamat mencoba n keep improve..

No comments:

Post a Comment

Tutorial Lengkap Hosting Website Gratis Dengan Gambar

Hallo Guys.. sudah sangat lama sekali sejak terakhir kali saya melakukan posting di blogger ini... kalau saya tidak salah terakhir saya ...