RGB vs CMYK Color



Pada saat seseorang akan melakukan printing, gambar dari kamera digital adalah kesalahan yang umum yang sering dilakukan, yaitu mengasumsikan bahwa warna gambar yang terlihat dilayar akan sama persis dengan warna hasil cetakan nanti. Itu disebabkan karena format warna pada kamera digital RGB (Red, Green, Blue) namun pada saat di cekat di kertas format warna menjadi CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).  Kadang dalam proses conversi dari RGB ke CMYK sehingga terlihat seperti pada gambar digital namun kadang juga dapat terjadi masalah.

RGB Color Mode
RGB adalah warna yang biasa digunakan pada LCD monitor, digital kamera dan scanners. Ini adalah dasar pada warna dengan mengkombinasikan warna ini pada tingkat yang lain maka akan mendapatkan warna yang berbeda. Namun jika warna ini dikombinasikan dengan “their full extent” pada setiap warna maka akan menghasilkan warna putih (pure white).  Dan ketika ketiga warna ini dikombinasikan pada “lowest degree” maka akan menghasilkan warna hitam.

CMYK Color Mode
CMYK adalah warna yang biasa digunakan oleh “printers print color” ke kertas.  Ini merupakan 4 kombinasi warna.  Pada saat tiga warna pertama yaitu CMY digabungkan tidak menghasilkan warna hitam tetapi coklat yang sangat tua.  Warna K yaitu hitam dalam CMYK, digunakan untuk menghilangkan “light” pada foto print, sehingga kita menyangka warna yang dihasilkan benar warna hitam.

No comments:

Post a Comment

Tutorial Lengkap Hosting Website Gratis Dengan Gambar

Hallo Guys.. sudah sangat lama sekali sejak terakhir kali saya melakukan posting di blogger ini... kalau saya tidak salah terakhir saya ...