Ciri Dasar Dari OOP C++

semua bahasa pemrograman yang mendukung OOP(Object Oriented Programming) haruslah mempunyai kemampuan untuk dilakukan abstraksi, pembungkusan, pewarisan dan polimorfisme.
sekarang kita akan membahas tentang keempat kemampuan tersebut.

1. Abstraksi(Abstraction)
    Abstraksi adalah proses pengabstrakan atau penyembunyian detail program yang sangat rumit sehingga kita tidak perlu untuk mempermasalahkan pembuatannya.  Kita hanya perlu object tersebut dapat kita gunakan sesua fungsinya.

2. Pembungkusan(Encapsulation)
    Mungkin diantara pembaca sudah ada yang pernah mendengan Encapsulation yaitu sebuah proses penggabungan antara data - data dan fungsi - fungsi yang berkaitan ke dalam sebuah objek, dengan demikian, kita dapat membuat program yagn terintegrasi, tanpa harus mendeklarasikan variabel - variabel yang bersifat eksternal.

3. Pewarisan(Inheritance)
    Dalam OOP, kita dapat menciptakan objec baru yang diturunkan dari objek lain.  Object baru ini sering disebut dengan objek turunan(derived class) sedangkan objek induknya sering disebut dengan ancestor(base class).  Sifat yang terkandung pada objek turunan adalah sifat hasil pewarisan dari sifat - sifat yang terdapat pada objek induk.  maka dari itu proses seperti ini sering dikenal dengan istilah pwarisan(inheritance).  Dengan fitur ini, kita dapat membuat objek baru yang memiliki kemampuan lebih dibanding objek induknya, yaitu dengan cara menambhakan sifat - sifat baru kedalam objek tersebut.

4. Polimorfisme(Polymorphism)
    Polimorfisme adalah proses kebanyakrupaan, artinya kita dapat mengimplementasikan sesuatu hal yang berbeda melalui satu cara yang sama.  Untuk mengerti hal ini, coba Anda perhatikan suatu objek, misalnya penyanyi.  Sebagai contoh terdapat 5 orang penyanyi(di dlaam program dianggap sebagai 5 buah objek), kemudian kelimanya kita perintahkan untuk bernyanyi, maka hasil atau implementasinya akan berbeda sesuai dengan karakteristik suara dari masing - masin gpenyanyi tersebut.  Dalam OOP, hal ini disebut degan istilah plimorfisme.

sekianlah,, selamat mencoba semoga sukses GBU..
http://zagalarupa.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Tutorial Lengkap Hosting Website Gratis Dengan Gambar

Hallo Guys.. sudah sangat lama sekali sejak terakhir kali saya melakukan posting di blogger ini... kalau saya tidak salah terakhir saya ...