Linux Tidak Terbaca Saat Install Windows (GRUB)

Hai Sobat, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang GRUB linux yang tidak terdeteksi saat membuat dual boot dengan linux dan windows,

"sedikit informasi,, bootloader di linux di sebut dengan GRUB sedangkan di windows disebut dengan MBR ok sekian informasinya"

Ok kita langsung saja, yang anda perlukan adalah
- flashdisk installer linux / cd installer linux
- camilan snack dsb.

1. Langkah pertama
masukan flashdisk installer linux/cd installer linux yang anda miliki jalankan seperti anda akan menginstal linux. (pastikan versinya sama dengan versi linux yang anda instal), pilih "try without installing"

2. Langkah kedua
pada langkah ini seharusnya ada sudah masuk di linux desktop linux, tekan ALT+T (untuk membuka terminal) atau dengan cara lain yang penting sekarang buka terminal di linux dan ketik (secara berurutan) :

sudo su

fdisk -l (akan muncul seperti gambar di bawah)















Perhatikan tempat linux anda di install dalam hal ini saya menandai dengan warna biru di drive "/dev/sdb3" mungkin berbeda pada milik anda.

3. Langkah ketiga
ketikkan pada terminal 

mount /dev/sdb3 /mnt (/dev/sdb3 merupakan nama drive saya, pada anda mungkin berbeda)

4. Langkah terakhir
ketikan pada terminal

grub-install –root-directory /mnt /dev/sda.

jika proses berhasil update list grub anda dengan mengetikkan.

update-grub. 


Sekian tutorial kali ini selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment

Tutorial Lengkap Hosting Website Gratis Dengan Gambar

Hallo Guys.. sudah sangat lama sekali sejak terakhir kali saya melakukan posting di blogger ini... kalau saya tidak salah terakhir saya ...